Canang sarI

Renungan #1

Bagi umat Hindu canang sari adalah sarana untuk berdo’a. Ia berdo’a. Ah! kata-kata dijaman ini sering dilupakan. namun, sebagian doa adalah inspirasi untuk sebuah kekuatan jiwa. canangg sari yang terdiri dari beberapa rajutan “busung” dengan rangkaian kembang dengan warna-warni yang mempesona. Sebuah “porosan”adalah inti dari canang sari.

canang sari yang kecil, indah dan dengan kesederhanaannya menjadi pelengkap utama bagi umat Hindu untuk mencakupkan tangan diatas ubun-ubun untuk memohon. Memohon segala macam keinginan kepada beliau yang nirmala dan suci. Adakah yang lebih penting dari berdoa?

Selain berdoa, bersyukur adalah aktifitas mental. Bekerja adalah aktifitas fisik. Akankah ketiga nya ada hubungannya?

Contohnya. Akankah doa berhasil tanpa kerja, tatkala kalian mahasiswa mendapatkan nilai yang jelek? akan nilai jelek itu patut disyukuri? akankah kalian ngomen-ngomel, mencari alasan-alasan kesana-kesini untuk pembenaran? seberapa rasa syukur yang kalian ucapkan kepada Bapak/Ibu yang telah membiayainya? seberapa rasa syukur kalian ucapkan ketika anda dengan sehat tetap bisa menghadiri kuliah dari beberapa dosen? seberapa banyak kalian berdoa mengucapkan rasa sykur akan kelahiran kalian yang nyaris tanpa cacad?

lalu apa alasan untuk memelihara sebuah kemalasan?

Begitu juga blog ini sama dengan canang sari, kecil tanpa make up yang glamor. Semata-mata agar cepat di buka.

—————————————————————————————————————————————-

renungan #2

apa yang ada dibelakang kita dan apa yang ada didepan kita merupakan masalah-masalah sepele, jika dibandingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita (Walt Emerson)

—————————————————————————————————————————————-

renungan #3

perjuangan-perjuangan hidup tidak selalu dimenangkan oleh orang yang lebih kuat dan lebih cepat. Namun cepat atau lambat, orang yang menang adalah orang yang berpikir bahwa dia mampu !

—————————————————————————————————————————————

4 Responses to Canang sarI

  1. yeni lestari says:

    canang sari memang sarana persembahyangan yang seharusnya kita maknai arti dari sarana-sarana pembentuknya. begitu pula memaknai arti mensyukuri….seharusnya kita mensyukuri apa yang kita peroleh karena itu semua ada maknanya. baik ataupun buruk, itu adalah karma kita yang patut kita renungi dan kita perbaiki, bukan untuk dihindari atupun kita sesali. hidup itu patut dimaknai selayaknya makna sebuah canang sari yang kecil namun memiliki makna yang besar.

  2. ayuk juwita says:

    canang sari merupakan sarana persembahyangan umat hindu. Makna canang sari sangat besar.Ada pepatah mengatakan “kecil itu indah”. Begitu pula makna dari sebuah canang sari. Walaupun bentuknya kecil tapi mempunyai kesan yang besar. Dengan menggunakan canang sari kita bisa merasakan kedamaian dan ketenangan yang begitu besar. Maka dari itu bagi umat hindu bukan hanya bisa menggunakannya saja tetapi maknailah arti sebuah canang sari. Segala sesuatu pasti ada makna yang berati.

  3. undikshatp says:

    blog ini, kalau bisa seperti memaknai sebuah wujud yang kecil namun bermanfaat, semoga

  4. dwik says:

    benar kalau kita melupakan yadnya, apalah artinya hidup ini, di ibaratkan hidup tanpa nyawa,,,, ya mati , bukan begitu bli

Leave a comment